Senin, 14 Januari 2013


EPIDODE  #1
SEIKAT BUNGE KUMPAI

     Awal kesah, agek dolok di sebuah Dusun di kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas. Namenye dusun Semayong Desa Sungai Kumpai. Yang kebetulan saye adalah anak dari 6 bersaudare yang dilahirkan di kampong iye. Dusun Semayong letaknye ndak jaoh dari kota kecamatan Teluk Keramat yang tepatnye di Desa Sekurak. Kami nyebutnye kota karne pade saat iye teknelogi dan informasi ndak maju seperti saat itok. Yang ade hanye radio dan TV itam puteh yang digunekan hanye waktu malam karne menghemat casan aki,hehe. Maklomlah ndak seperti saat itok tinggal colok semue nak masak pun tinggal colok ntah ape yang dicolok, salah salah colok meladak rambut bediri alias kesetrum jinye urang tue, maklomlah urang tue waktu iye jak penakut.
Kembali agek ke cerite teknelogi dan informasi, pun jaman itok kan kite udah ndak heran dengan yang namemye ngeliat kota kota besar dan ape pun barang barang baru semue di tampilkan di TV bahkan Handphone udah sangat canggihnye. Kamek yang waktu iye maseh sapok tapi ndak kampongan, yang namenye pergi ke pasar sekura carekan suke inyan dah. Mampu bejalan kaki sekian kilo meter walau datang ke pasar sekura cume beli bubor nasek, dan jike ade yang di beli pun kadang cume mercon atau bunge api nantek dimasokkan dalam kantong plastik itam kemudian di ikat di celane.  pade saat iye juak bubor nasek adalah makanan yang sangat paporit bagi kamek. Banyak juak songkok puteh yang udah laher dari bisnis iye. Dan ndak salah film baru baru itok pun ade yang menceritekan penjual bubur  nasek yang bise naik haji. Jadi iye bukan lah dongeng belaka.
Cerite tentang bejalan kaki kepasar sekura, ndak kalah seru nye adalah naik motor aek alias speed boat. Kamek numpang motor aek dikenakan biaya Rp.500 untok biak kacik dan dan Rp.1000 untok urang dewasa. keunikan di desa kamek ye adalah parit nye yang sangat besar dimane salah satu sarana transportasi kamek adalah lewat aek. Pun hari panas kamek bejalan lewat darat tapi pun aek dalam kamek ramai ramai pakai motor aek di parit juak banyak terdapat jembatan atau geratak yang harus dilewatek, pun aek terlalu dalam sehingge ujong perahu bise ancap sehingge maok ndak maok jembatan harus diangkat kalau indak perahu nye yang dipakse untok dipendamkan dikit atau ade juak sampai perahu nye yang harus diangkat,haha.mantap ndak ye,. Di kampong waktu iye ramai urang yang punye motor aek salah satunye adalah apak ku.   Malahan apak waktu iye sampat buat motor aek basar alias motor klotok yang menggunekan mesen TS yang blum ade urang kampong yg punye maseh pade jaman nye. Apak ku adalah seorang tukang yang multi talenta, banyak tau tentang segala hal die adalah orang yang menurutku menggunekan kecerdasan lokal nye untok berkarya dan berbuat sesuatu pade kemajuan desa nye. Apak sebagai perintis penerangan di desa dengan menyediakan layanan listrik dengan dinamo listrik yang dialirkan ke beberapa rumah.
Ndak cume iye, apak juak memberikan jasa listrik nye ke urang urang yang maok ngadekan pesta pernikahan dan perlu penerangan. Sanggup waktu iye apak mendorong gerobak membawa mesin TS dan dinamo nye dari hujung ke hujung kampong untuk membantu penerangan nye. Sehingge pade saat iye imbas dari nye adelah kamek selalu di undang acara pernikahan atau saroan walaupun jarak yang jaoh.hehe,suke juak be.
Apak adalah tukang dan juga seniman, jaman muda nye diye dan kawan-kawan mendirikan sebuah panggung sandiwara, menghibur orang yang waktu iye blum punye tontonan banyak seperti saat itok. Apak juak adalah seorang ayah yang bertanggung jawab dan sayang istri.hehe,sayang umak ku tentunye. 
Makasih apak ku tercinta, cerita mu tak akan pernah habis untuk ku tulis dan aku selalu kekurangan kata kata untuk mengungkapkan nya. Lain kali aku akan membuatkan buku yang khusus untuk cerita mu.

Bersambong…….


6 komentar: